M.Suyanto Tuesday, 30 2016

  1. Daya Tarik Pesan
    Lingkungan periklanan outdoor berbeda dengan lingkungan periklanan media lainnya. Lingkungan periklanan outdoor selama ini biasanya tanpa disertai program atau editorial yang dihubungkan dengan media sehingga murni periklanan. Periklanan outdoor harus inovatif dan astetis sehingga menjadikannya lebih diingat daripada media lainnya. Mereka yang melihat iklan outdoor rata-rata merupakan orang-orang yang cerdas sehingga perancang harus mampu menstimulasi imajinasi mereka demi mendapatkan respons. Oleh karena itu, dibutuhkan daya tarik agar pesan yang disampaikan mempunyai dampak. Untuk menentukan daya tarik mana yang memiliki kemungkinan tingkat keberhasilan paling tinggi terhadap target sasaran, sebelumnya harus dilakukan analisis dan riset pasar. Daya tarik pesan dapat berupa selebritis, humor, kesalahan, perbandingan, rasional, emosional, seks atau kombinasi aspek-aspek tersebut.
     
  2. Daya Tarik Selebritis
    Produk atau merek dapat menonjol dalam periklanan, salah satunya menggunakan daya tarik para figur masyarakat atau figur masyarakat tersebut dapat seorang tokoh, bintang TV, aktor, aktris, ilmuwan dan sebagainya. Selebritis merupakan juru bicara produk. Pengiklan atau agensi iklan membayar dalan jumlah besar kepada selebritis yang cocok dengan pasar sasaran serta berharap dapat mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen terhadap produk yang di iklannya. Misal, sikap dan persepsi konsumen terhadap kualitas menjadi lebih sempurna setelah mendapat dukungan dari selebritis. Pertimbangan lain menggunakan selebritis terkait popularitas, ketertarikan secara fisik, kreditibilitas, profesi, status kepemilikan terhadap perusahaan tersebut, pemakai merek, nilai-nilai dan risiko kontroversinya.
     
  3. Daya Tarik Humor
    Politisi, aktor, aktris, juru bicara masyarakat, profesor dan yang lainnya pada suatu waktu menggunakan humor untuk menciptakan reaksi yang diinginkan. Pengiklanan juga menggunakan humor untuk mencapai sasaran komunikasi yang bervariasi untuk memicu perhatian, memandu konsumen secara menyeluruh terhadap tuntutan produk, mempengaruhi sikap, menyempurnakan kemampuan “ recall “ dari tuntutan pengiklan dan pada akhirnya menciptakan tindakan konsumen untuk membeli produk. Apakah humor itu efektif dan humor macam apa yang berhasil, masih menjadi perdebatan para praktisi multimedia ( iklan ) dan para akademisi. Survei dilakukan oleh eksekutif iklan tentang efektivitas humor jika digunakan untuk menarik orang agar melihat aplikasi multimedia (iklan) dan menciptakan kesadaran merek.
     
  4. Daya Tarik Kesalahan
    Seperti halnya rasa takut, kesalahan merupakan daya tarik negatif. Orang merasa bersalah ketika melanggar peraturan, menyimpang dari nilai standar atau kepercayaan, atau tidak bertanggung jawab. Daya tarik kesalahan dapat berakibat baik karena memotivasi individu dewasa secara emosi mengambil alih tanggung jawab tindakan terdepan untuk mengurangi tingkat kesalahan. Pengiklan menggunakan daya tarik kesalahan dan berusaha membujuk calon konsumen dengan memanfaatkan perasaan bersalah yang kemudian dapat diperbaiki apabila menggunakan produk yang diiklankan, atau menunjukkan agar konsumen tidak mengulangi kesalahan.
     
  5. Daya Tarik Komparatif
    Praktik dalam periklanan, komparatif langsung atau tidak langsung antara suatu produk dengan produk pesaing, yang mempromosikan bahwa produk tersebut superior dibanding produk pesaing dalam pertimbangkan pembelian disebut iklan komparatif.
     
  6. Daya Tarik Rasional
    Daya tarik rasional berfokus pada praktik, fungsi atau kebutuhan konsumen secara optimal terhadap suatu produk, yang memberikan tekanan pada manfaat atau alasan untuk mempunyai atau menggunakan suatu merek. Isi pesan menekankan pada fakta, belajar dan persuasi logis. Daya tarik rasional cenderung informatif dan pengiklan yang menggunakan daya tarik ini umumnya mencoba menyakinkan konsumen bahwa produk mempunyai manfaat khusus yang memuaskan konsumen.
     
  7. Daya Tarik Emosional
    Daya tarik emosional berhubungan dengan kebutuhan psikologis konsumen untuk membeli suatu produk. Banyak konsumen termotivasi untuk mengambil keputusan dan membeli suatu produk karena emosionalitas dan perasaan terhadap merek dapat menjadi lebih penting daripada pengetahuan terhadap atribut dan pernik-pernik produk tersebut.
     
  8. Daya Tarik Seks
    Daya tarik seks mempunyai suatu daya tarik perhatian awal dan daya tari perhatian dalam periode yang lama. Daya tarik seks dapat menyempurnakan recall titik pesan dan tanggapan emosi. Daya tarik seks biasanya menggunakan model atraktif dan pose yang provokatif. Meskipun demikian, daya tarik seks akan mendapat tanggapan negatif jika tidak sesuai dengan materi yang diiklankan, dan bahkan menurut Eric Schulz merupakan salah satu dosa periklanan. Iklan dengan daya tarik seks cenderung dihindari oleh orang tua yang mempunyai anak kecil. Akibatnya, iklan itu tidak ditonton. Lebih dari itu, iklan dengan daya tarik seks sering kali melanggar etika atau melanggar tuntutan agama. Terbukti iklan dengan daya tarik seks kurang berhasil dalam angka penjualan dibanding iklan dengan daya tarik lainnya. Barangkali memang tidak diberkahi oleh Tuhan.
     
  9. Daya Tarik Kombinasi
    Daya tarik kombinasi adalah daya tarik yang merupakan perpaduan berbagai daya tarik, yaitu perpaduan atas daya tarik selebritis, humor, rasa takut, kesalahan, musik, komparatif, rasional, emosional dan seks. Daya tarik ini diharapkan dapat mensinergikan berbagai daya tarik sehingga dapat menghasilkan efek eksekusi pesan iklan yang lebih baik dibandingkan jika hanya menggunakan satu daya tarik. Banyak perusahaan yang menggunakan daya tarik untuk menarik perhatian penonton karena alasan bahwa daya tarik kombinasi mempunyai kemampuan sinergi tersebut.


Oleh : M.Suyanto, Strategi Perancangan Iklan Outdoor Kelas Dunia

Berita & Agenda

10 Tips Pembuatan Desain Banner

Iklan banner merupakan salah satu bentuk iklan online paling populer saat ini.

Iklan Outdoor ( Media Luar Ruang)

Umumnya media luar ruang yang ditata dengan baik memberikan keuntungan ganda bagi pemda setempat.

Sukses Adalah Milik Mereka yang Mentalnya Sekuat Baja

Tak banyak orang yang bisa berhasil meraih kesuksesan.

What our Clients are Saying